CSE

Loading

Selasa, 14 Januari 2014

GIZI PANGAN

GIZI PANGAN


           
Setiap manusia membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Makanan yang masuk ke dalam tubuh digunakan untuk  proses pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, energi, dan untuk menjaga kesehatan agar proses-proses biokimiawi dalam tubuh tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini menunjukkan bahwa manusia memerlukan zat-zat tertentu dari makanan dalam jumlah tertentu untuk kelangsungan hidupnya, yang disebut dengan zat gizi.

A.  Gizi

Kata gizi berasal dari bahasa Arab ghidza yang berarti makanan.  Oleh karena itu, kita harus dapat membedakan pengertian antara bahan makanan dan zat makanan/zat gizi/nutrient.  Zat makanan adalah satuan yang menyusun bahan makanan tersebut. Sedangkan bahan makanan disebut juga komoditas pangan dalam perdagangan, yaitu apa yang kita beli, kita masak dan kita susun menjadi hidangan.  Contoh bahan makanan yaitu beras, jagung, daging, telur dan lain-lain. 
Makanan yang baik dan bergizi menjadi dasar utama bagi kesehatan kita. Cukup tidaknya nilai gizi makanan yang kita konsumsi secara kuantitatif dapat diperkirakan dari nilai energi (kalor) yang dikandungnya. Ada enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya supaya dapat tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.  Zat-zat gizi tersebut berdasarkan kegunaannya bagi tubuh dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok sebagai berikut.
1.      Kelompok zat gizi penghasil energi,
Termasuk dalam kelompok ini adalah:

-
Bahan makanan yang mengandung karbohidrat dalam bentuk tepung (beras, jagung, gandum, umbi-umbian, akar-akaran, kacang-kacangan beserta hasil olahannya) dan dalam bentuk gula (gula pasir, gula kelapa, sirup, madu, dan lain-lain).

-
Bahan makanan yang mengandung lemak (minyak goreng, kelapa, santan, mentega, margarin, susu dan hasil-hasil olahannya)

-
Bahan makanan yang mengandung protein (daging, ikan, susu, telur, kacang-kacangan, unggas dan hasil-hasil olahannya)

2.      Kelompok zat gizi pembangun sel
      Kelompok ini meliputi makanan-makanan yang terutama banyak mengandung protein, baik protein nabati maupun protein hewani.  
3.      Kelompok zat gizi pengatur,
         Kelompok ini meliputi bahan-bahan yang banyak mengandung vitamin dan  mineral, seperti buah-buahan dan sayuran.

B.   Pola Makan

Pola makan atau kebiasaan makan  yaitu jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari.  Slogan tentang makan yang sering kita dengar adalah empat sehat lima sempurna diyakini dapat memenuhi  kebutuhan gizi dengan baik.  Pada umumnya menu di Indonesia terdiri atas makanan sebagai berikut:
1.   Makanan pokok untuk memberi rasa kenyang: nasi, jagung, ubi jalar, singkong, talas, sagu, serta hasil olahan seperti mie, bihun, macaroni dan sebagainya.
2.   Lauk untuk memberi rasa nikmat sehingga makanan pokok yang pada umumnya mempunyai rasa netral, lebih terasa enak.  Lauk hewani: daging, ayam, ikan, kerang, telur.  Lauk nabati: kacang-kacangan dan hasil olah, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, tahu, tempe dan oncom.
3.   Sayur untuk memberi rasa segar dan melancarkan proses menelan makanan karena biasanya dihidangkan dalam bentuk berkuah: sayur daun-daunan, umbi-umbian, kacang-kacangan dan sebagainya.
4.   Buah untuk mencuci mulut, pepaya, nenas, pisang, jeruk dan sebagainya.
 

mau download file aslinya? KLIK DISINI !!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar